« Home | Ibroh dari WC » | Teman sejati » | Tips Menghindari Pornografi (English Version) » | Masa-masa mahasiswa (sekarang juga masih sih) » | my blog in google search engine » | Pertanyaanku dijawab sama eramuslim » | Menari bersama angin » | Menjaga Prasangka » | For Women » | Poetry 3 » 

Wednesday, December 28, 2005 

CHICKEN LITTLE



Hari ini saya melihat film "Chicken Little", sebuah film kartun garapan Walt Disney. Film ini bercerita tentang kehidupan seekor anak ayam bernama chicken little. Pembukaan film ini cukup unik, biasanya Disney memulai dengan kata-kata "once upon a time" atau lembaran buku-buku yang mulai terbuka namun di sini Disney memulainya dengan kata-kata pada suatu hari ketika sesuatu dapat berubah menjadi buruk (one day when things can get into worst). Lalu mulai terlihat seekor anak ayam yang membunyikan lonceng sekolahan sebagai tanda darurat. Lalu seisi kota pun mulai panik berhamburan dan berlarian tak tentu arah. Sampai ada seorang pemadam kebakaran yang bertanya kepada chicken little apa yang terjadi? Chicken little pun menjawab "The sky is Falling.... the sky is falling". Lalu kepanikan pun mulai mereda dan Chicken little pun mencoba mengajak orang-orang ke tempat terjadinya peristiwa tersebut, di bawah sebuah pohon acorn (the fruit of the oak, a smooth oval nut in a cup-like base) dan chicken little pun mulai bercerita bahwa ada potongan langit berbentuk segienam (seperti rambu-rambu lalu lintas "stop sign") yang jatuh menimpa kepalanya di sekitar pohon tersebut di sekitar pohon acorn, dan ketika itu tiba-tiba sesuatu menimpa kepalanya dan chicken little pun mengira itu adalah sebuah potongan langit yang runtuh lagi. Namun ternyata sesuatu yang menimpa kepalanya itu hanya sebuah acorn. Sehingga orang-orang pun tidak mempercayainya dan malah menganggap dia gila. Dan ayah chicken little pun mulai mencoba menjelaskan kekeliruan yang dibuat anaknya dan meminta maaf kepada orang-orang.
Dan seterusnya...... :)

Hehehe... maaf ya saya belum bisa buat resensinya atau mungkin tidak akan membuatnya karena waktu yang saya punya terbatas. Tujuan tulisan saya kali ini adalah mengungkap nilai-nilai positif yang diangkat film chicken little.

Berikut nilai-nilai positif yang disampaikan dalam film Chicken Little:

1. Semangat untuk terus menghadapi hidup hari ini walau apa pun yang terjadi kemarin karena "TODAY IS A NEW DAY"
2. Keterbatasan dan stigma negatif yang ada pada diri kita bukanlah untuk kita ratapi dengan cengeng dan juga jangan disikapi dengan menyerah apalagi apatis namun sebaliknya membuat kita berusaha lebih keras dan cerdas (kreatif) untuk mengatasi keterbatasan itu karena "AINT MOUNTAIN TOO HIGH AINT VALLEY TOO LOW"
3. Bagi seorang ayah (orangtua), belajarlah untuk mendengarkan pendapat ataupun keluhan seorang anak. Karena, "You have to ready to listen to your children even when they have nothing to say"
4. Bagi seorang ayah (orangtua), dampingilah anak anda disaat suka maupun duka. Berilah anak pujian ketika dia berhasil melakukan sesuatu dan berilah dukungan ketika anak kita mengalami kegagalan, frustasi, "down" jangan "meninggalkan" mereka!!! karena apakah perasaan anda ketika anak anda berkata "You were there when I WON the baseball game but you never been there for me when the sky is falling (LOSE)"
5. Jika kamu seorang anak dan engkau mengalami masalah, apapun, cobalah bicarakan dengan orang terdekat atau orang tuamu (CLOSURE) bahkan ketika engkau menganggap bahwa masalah itu adalah orang tua mu sendiri. Agar engkau terlepas dari beban yang menghimpit dan mungkin mendapatkan solusi dari masalahmu itu.
6. Jika kamu seorang anak dan orang tuamu tidak seperti yang engkau harapkan dan kadang-kadang bahkan engkau menilainya kejam dan jahat. Janganlah dulu engkau berburuk sangka, cobalah juga untuk memahami keterbatasannya. Keterbatasan ilmunya, keterbatasan pemahamannya atau keterbatasan keterampilannya dalam menghadapi permasalahan.
7. Setiap orang adalah unik dengan segala kelebihan dan kekurangannya namun hal tersebut menjadi warna dalam kehidupan ini. Satu dan lainnya saling melengkapi, indah sekali. Dan hey, you never know what is your potential except you try to explore it, right??
8. Anything else??? Watch the movie please.... (^_^)"Itulah yang saya sukai dari film-film Disney biasanya punya nilai-nilai yang bagus untuk disampaikan. Dan tentunya disampaikan dengan cara yang cukup menghibur.

Beberapa tokoh dalam film ini:

1. Chicken Little
Anak ayam, tubuh kecil, tapi sudah punya jengger dan ekor, Cerdas, Selalu optimis dalam menghadapi hidup

2. Abbey
Seekor bebek, dijuluki ugly duckling, sepertinya suka menyanyi dan membaca majalah, suka menolong kawan, sepertinya dia adalah seekor bebek yang bijak, ternyata suka sama chicken little namun tidak pernah mengutarakannya

3. Runt
Seekor babi, bertubuh besar berkaki kecil, suka menyanyi, sangat mudah panik, mengatasi kepanikan dengan cara menyanyi "I Will Survive", ternyata punya tenaga yang sangat besar

4. Fish out of the water
Seekor ikan, namun tinggal di luar air, memakai helm khusus berisi air, berbicara bahasa blubuk...blubuk... tak jelas, lucu, sering bertingkah aneh, ternyata bisa mengerti bahasa alien

Official DVD Website
http://disney.go.com/disneyvideos/animatedfilms/chickenlittle/main.html